Bagian-Bagian dari Perancah (Scaffolding)

AK3U – Hallo teman-teman, sebelumnya sudah saya jelaskan tentang pengertian Scaffolding (Perancah), sekarang saya mau menjelaskan bagian-bagian dari perancah (Scaffolding) dan fungsinya :

Bagian-Bagian dari Perancah (Scaffolding)Bagian dari PerancahBagian-Bagian dari Perancah

Baseplate adalah bagian perancah yang menjadi tumpuan dari tiang-tiang standard perancah dan berfungsi sebagai tempat dudukan perancah untuk mengantisipasi area dudukan yang tidak stabil (material dudukan perancah lunak).

Soleplate adalah papan biasanya dari bahan kayu atau metal sebagai bagian perancah yang langsung bersentuhan dengan tanah/dasar untuk memastikan kekuatan pijakan perancah.

Clamp adalah Perangkat dari metal atau alat atau komponen digunakan untuk menyambung pipa, mengeratkan sambungan pipa atau mengunci antar pipa.

Clamp terdiri dari 2 jenis yaitu Clamp hidup (Swivel Clamp) dan Clamp mati (Rigid/Fixed clamp). Swivel clamp adalah penjepit yang berbentuk lingkaran dan bisa diputar 360°, biasanya digunakan untuk menjepit pipa besi untuk membuat hand rail pada stair (tangga).

Join Pin adalah bagian yang digunakan untuk menghubungkan atau menyambung pipa atau frame.

Standard adalah bagian rangka utama perancah dalam jalur vertical. Standard adalah pipa scaffold tegak yang membagi seluruh beban ketanah dan merupakan bagian paling penting dalam perancah karena apabila salah memasang standard, maka semua bagian di atasnya bisa salah. Setiap standard dipasangkan base plate yang menyebarkan beban mencegah ujung bawah pipa tenggelam masuk kedalam tanah.

Ledger adalah bagian rangka yang membentuk sudut 90 derajat dengan standard. Ledger lebih panjang daripada transom

Transom adalah bagian horizontal perancah yang mengikat standard dan transom secara horizontal

Foot tie adalah bagian perancah bagian bawah yang berfungsi untuk menjadi angkur di struktur yang lebih kuat

Brace adalah bagian perancah yang dipasang diagonal yang berfungsi untuk mengikat standard-standard yang ada agar lebih kuat dan beban terdistribusi secara merata. Brace dipasang bersisian dengan ledger

Transverse brace adalah brace yang dipasang bersisian dengan transom

Tie adalah bagian perancah di bagian atas yang berfungsi untuk menjadi angkut di struktur yan lebih kuat

Working platform adalah bagian perancah yang menjadi pijakan kaki pekerja untuk bekerja. Platform dapat dibuat menggunakan lembaran papan kayu, deck dan platform yang di fabrikasi.

Guardrail adalah bagian perancah yang paling atas berfungsi menjadi penahan tubuh pekerja dan sebagai titik angkur body harness.

Handrail (guardrail system) adalah bagian yang berfungsi sebagai pengaman samping agar pekerja tidak terjatuh.

Toe Boards adalah bagian perancah yang berada persis berhimpitan di atas working platform, berfungsi untuk menahan kaki pekerja agar tidak terperosok jatuh

Putlog adalah bagian perancah yang persis di bawah working platform, berfungsi untuk memperkuat working platform agar tidak patah.

Demikian penjelasan tentang Bagian-Bagian dari Perancah (Scaffolding), mohon maaf jika masih banyak kekurangannya, semoga artikel ini berguna buat temen-temen semua yang sedang membutuhkan artikel tentang Bagian-Bagian dari Perancah (Scaffolding). Hormat Saya Admin AK3U.

Daftar Pustaka:

Faisal, B. M. (2014, Juni 16). Scaffolding Safety. Jakarta: Upaya Riksa Pratama.

2 gagasan untuk “Bagian-Bagian dari Perancah (Scaffolding)

  1. Dalam melakukan pekerjaan di lapangan terkadang saya juga menggunakan scafolding untuk area ketinggian. Hal itu untuk kenyamanan dan keselamatan saat melakukan pekerjaan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *